Memahami Cara Berwirausaha-3
Salam jumpa sobat seputar kita.
Artikel kali ini adalah lanjutan dari;
Memahami Cara Berwirausaha-1
Dan
yang merupakan artikel terakhir. Harapan saya dengan terbitnya artikel ini akan membantu atau membuka cara pandang teman- teman sekalian guna memciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri hingga mungkin dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain
Apapun yang akan kita lakukan tentunya harus didasari dengan niat, tekat, ketekunan, serta keuletan, dan hal yang tidak akan boleh kita tinggalkan adalah ibadah lalu berdo'a tak lupa sedekah.
Baiklah, topik kali terakhir adalah membahas mengenai model, kegunaan, cara, sasaran dari bisnis.
Mari kita simak bahasan kali ini
Apa Itu Bisnis Model Canvas?
Business Model Canvas (BMC) merupakan alat yang membantu kita untuk merancang bentuk usaha yang kita bangun.
Apa Kegunaan Bisnis Model Canvas?
Ada beberapa keuntungan yang didapat ketika kita membuat BMC, yaitu:
Menerjemahkan hal-hal yang ada di kepala kita menjadi sesuatu yang lebih terlihat. Memandu dalam memikirkan elemen-elemen usaha yang harus kita miliki.
Bagaimana Cara Membuatnya?
Business Model Canvas memiliki format tersendiri, dan yang perlu kita lakukan adalah mengisi sembilan bagian yang ada di dalam format tersebut. Value proposition (nilai lebih yang ditawarkan). Apa produk dan jasa yang kita tawarkan kepada pembeli, yang membedakan kita dengan usaha yang lain? Key partners (mitra utama). Siapa saja yang menjadi mitra utama kita dan apa peran mereka di dalam kemitraan tersebut? Key activities (aktivitas utama). Aktivitas utama apa yang diperlukan untuk menciptakan produk dan jasa kita? Key resources (sumber daya utama). Sumber daya apa yang diperlukan untuk menciptakan value proposition, dan yang mendukung usaha untuk tetap berjalan? Customer relationship (hubungan pelanggan). Hubungan seperti apa yang akan dibangun dengan pembeli? Apakah akan melalui komunitas yang dibentuk, satu orang penghubung untuk setiap pembeli, swalayan atau yang lain? Channel (saluran). Bagaimana produk dan jasa kita akan sampai ke pembeli? Customer segments (segmen pelanggan). Siapa yang ditargetkan menjadi pelanggan kita? Cost structure (struktur biaya). Biaya-biaya terpenting dan terbesar apa yang muncul untuk menghasilkan produk dan jasa kita? Apa yang menjadi biaya tetap dan biaya variabelnya? Apakah biaya akan mempengaruhi harga atau tidak? Revenue stream (Arus penerimaan). Bagaimana usaha kita akan memperoleh pendapatan dari tiap segmen konsumen?
Rencana Usaha
Jika Business Model Canvas merupakan alat visual yang membantu kita untuk memikirkan bentuk usaha yang kita bangun, rencana usaha merupakan dokumen tertulis yang menggambarkan secara lebih sistematis rencana usaha kita dan bagaimana kita akan mencapainya.
Manfaat Rencana Usaha
Alat untuk mencari dana dari orang yang mau meminjamkan modal usaha. Pedoman untuk mempertajam rencana-rencana yang diharapkan. Alat untuk memonitor usaha yang akan dilaksanakan atau sedang berjalan.
Pendanaan
Tabungan adalah salah satu sumber pendanaan usaha awal kita, dan jika tabungan tidak cukup untuk mendanai aktivitas awal, ada banyak pilihan yang bisa dipertimbangkan: Bantuan dari pemerintah. Pemerintah Indonesia akhir tahun lalu melalui Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda (LPKP) memberikan bantuan modal kepada wirausaha muda pemula yang ingin memulai usaha. Selain modal, wirausaha muda juga akan mendapatkan pelatihan manajemen usaha. Kredit usaha kecil. Kebanyakan lembaga keuangan, seperti Credit Union, Koperasi dan Bank memiliki paket kredit usaha kecil yang bisa diakses oleh nasabah atau anggotanya. Paketnya berbeda dari satu lembaga ke lembaga yang lain. Bandingkanlah paket setiap lembaga dan lihat apakah sesuai dengan kondisi keuangan kita. Uang muka pemesanan produk atau jasa. Jika produk atau jasa yang kita tawarkan sudah ditunggu banyak calon pembeli, modal dapat dikumpulkan dari uang muka pemesanan. Crowdfund (Dana bersama). Crowdfund merupakan pendanaan secara kolektif yang sedang ramai di internet. Beberapa orang akan mengumpulkan dana untuk mendanai aktivitas organisasi atau perseorangan yang mereka dukung, dan organisasi atau individu yang didukung akan memberikan sesuatu sebagai bentuk ucapan terima kasih.
Pemasaran
Untuk apa pemasaran?
Pemasaran membuat calon pembeli sadar akan produk dan jasa kita sehingga penjualan Anda memiliki peluang untuk meningkat!
Konsep dalam pemasaran
Banyak teori dalam pemasaran tapi semua berfokus pada hal berikut: Bagaimana mengetahui kebutuhan pembeli barang/pengguna jasa. Membuat barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan tersebut lebih baik dari pesaing kita, dan Melakukan berbagai upaya agar pembeli memiliki akses pada informasi dan produk yang kita buat.
Bagaimana cara melakukannya?
Perencanaan pemasaran
Banyak teori dalam pemasaran tapi semua berfokus pada hal berikut: Bagaimana mengetahui kebutuhan pembeli barang/pengguna jasa. Membuat barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan tersebut lebih baik dari pesaing kita, dan Melakukan berbagai upaya agar pembeli memiliki akses pada informasi dan produk yang kita buat.
Sumber: wira
No comments:
Post a Comment
Bagaimana menurut pemikiran anda?...