Memberikan Garansi Menarik Minat Pembeli
Apakah anda seorang wirausahawan?
Pernahkah anda membeli sebuah produk dan mendapatkan garansi?
Pada prinsipnya garansi adalah jaminan dari sebuah produk atau jasa yang biasanya disertakan pada penjualan maupun pembuatan sesuatu untuk tujuan meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga lebih terjamin serta memberikan rasa aman, nyaman kepada seseorang yang akan memilikinya.
Banyak cara untuk melakukan hal agar konsumen lebih tertarik dan memutuskan untuk memilih salah satunya yaitu "GARANSI". Beraneka ragam tipe garansi mulai dari garansi toko, garansi distributor, hingga garansi pabrik, dan masih banyak lagi yang tujuannya adalah sama yaitu sebagai pemberian jaminan. Biasanya produk yang bergaransi memiliki harga yang bisa dikatakan mahal walaupun tidak semuanya produk bergaransi adalah mahal harganya dan ini adalah wajar saja.
Alih-alih memberikan garansi pada sebuah produk tentunya tidak lepas dari uji kualitas produk itu sendiri sebelum diluncurkan, sehingga ketika dijual sudah tahu persis kelayakannya.
Bagaimana cara memberikan garansi yang terbaik?
Jika anda menjual sebuah produk dan telah mengujinya maka tentunya anda sudah dapat mengukur kualitas standar produk itu maka pemberian garansi yang terbaik jangan melampaui batas ketahanan kualitas produk itu sendiri. Misalnya, bila anda menjual sebuah sepatu yang telah anda uji dengan rata-rata ketahanan satu tahun maka anda harus memberikan garansi tidak lebih dari satu tahun. Atau jika anda memperbaiki perangkat elektronik dengan penggantian komponen maka ketahui dengan pasti berapa lama ketahanan komponen yang telah anda ganti dan berikan garansi tidak melampaui ketahanan komponen tersebut.
Bagaimana jika anda menjual produk namun sebagai reseller drop ship?
Saat ini penjualan secara online adalah trend dan sangat banyak peminatnya karena berbagai kemudahan dan keuntungan dapat dicapai. 2 bagaimana anda dapat memberikan garansi yang sebenarnya anda sendiri tidak tahu wujud asli produk tersebut? Hal ini disebabkan karena anda adalah reseller drop ship atau marketer online.
Ini adalah hal yang sedikit sulit, namun bukan menjadi suatu hambatan. Hal yang paling utama adalah "Penjelasan" yang mendekati atau seakurat mungkin. Jelaskan produk yang anda tawarkan dan penjelasan anda tentang produk yang anda tawarkan secara tidak langsung adalah merupakan "Garansi" bagi publik yang membaca atau tertarik dengan produk anda. Tanpa penjelasan akan membuat pembaca atau publik yang tertarik menjadi bertanya yang berakibat timbulnya rasa ragu sebab tidak semua pembaca memiliki inisiatif untuk bertanya tentang detail produk kepada anda.
Ini adalah hal yang sedikit sulit, namun bukan menjadi suatu hambatan. Hal yang paling utama adalah "Penjelasan" yang mendekati atau seakurat mungkin. Jelaskan produk yang anda tawarkan dan penjelasan anda tentang produk yang anda tawarkan secara tidak langsung adalah merupakan "Garansi" bagi publik yang membaca atau tertarik dengan produk anda. Tanpa penjelasan akan membuat pembaca atau publik yang tertarik menjadi bertanya yang berakibat timbulnya rasa ragu sebab tidak semua pembaca memiliki inisiatif untuk bertanya tentang detail produk kepada anda.
"Saya mendapatkan kesimpulan bahwa produk tanpa penjelasan detail hanya mendapatkan 1% respon".
Sungguh ini menjadi kelemahan yang berakibat lemahnya daya tarik tentang produk anda. Solusinya adalah jelaskan produk yang anda tawarkan sesuai aslinya dan jangan dibuat menyimpang sehingga berakibat tidak baik dan berpengaruh besar bagi perkembangan usaha anda.
Tanyakan kepada penyuplai anda dengan lebih detail tentang produk yang akan anda pasarkan sehingga anda dapat menuliskannya pada penjelasan produk dan anda dapat menjawab setiap pertanyaan tentang produk tersebut. Jika anda telah mengetahui gambaran produk tersebut maka anda dapat memutuskan apakah produk layak diberikan garansi lainnya atau tidak.
Tanyakan kepada penyuplai anda dengan lebih detail tentang produk yang akan anda pasarkan sehingga anda dapat menuliskannya pada penjelasan produk dan anda dapat menjawab setiap pertanyaan tentang produk tersebut. Jika anda telah mengetahui gambaran produk tersebut maka anda dapat memutuskan apakah produk layak diberikan garansi lainnya atau tidak.
Satu hal yang perlu anda ketahui sebagai konsumen yang ingin membeli produk utamanya elektronik tentang maksud dan kriteria garansi sebagai berikut;
- Garansi Toko
Adalah garansi yang diberikan pada sebuah produk yang hanya dapat diajukan ke toko tempat membeli sebuah produk. Biasanya garansi tersebut lebih pendek masa waktunya dan penggantian onderdil yang terbatas atau lebih berskala kecil, masa waktu penyelesaiannya tidak memerlukan waktu yang lama.
Adalah garansi yang diberikan pada sebuah produk yang hanya dapat diajukan ke toko tempat membeli sebuah produk. Biasanya garansi tersebut lebih pendek masa waktunya dan penggantian onderdil yang terbatas atau lebih berskala kecil, masa waktu penyelesaiannya tidak memerlukan waktu yang lama.
- Garansi Distributor
Adalah garansi yang diberikan pada sebuah produk dari sebuah toko yang bisa diajukan kepada toko tempat membeli sebuah produk dan toko tersebut akan meneruskan pengajuan garansi kepada distributor pemberi garansi. Biasanya garansi tersebut memiliki jangka waktu lebih panjang dan penggantian komponen yang lebih bervariatif, masa waktu pelayanan perbaikan akan lebih lama dari garansi toko.
Adalah garansi yang diberikan pada sebuah produk dari sebuah toko yang bisa diajukan kepada toko tempat membeli sebuah produk dan toko tersebut akan meneruskan pengajuan garansi kepada distributor pemberi garansi. Biasanya garansi tersebut memiliki jangka waktu lebih panjang dan penggantian komponen yang lebih bervariatif, masa waktu pelayanan perbaikan akan lebih lama dari garansi toko.
- Garansi Pabrik
Adalah garansi yang diberikan pada sebuah produk dari sebuah toko yang dapat diajukan kepada toko dan toko tersebut meneruskan ke pabrik pembuatnya. Garansi pabrik lebih menjamin banyak variasi layanan penggantian komponen dan biasanya waktu penyelesaiannya lebih lama dari garansi toko maupun distributor.
Adalah garansi yang diberikan pada sebuah produk dari sebuah toko yang dapat diajukan kepada toko dan toko tersebut meneruskan ke pabrik pembuatnya. Garansi pabrik lebih menjamin banyak variasi layanan penggantian komponen dan biasanya waktu penyelesaiannya lebih lama dari garansi toko maupun distributor.
Syarat-syarat Mendapatkan Garansi
Umumnya untuk mendapatkan garansi pada sebuah produk yang anda beli adalah mengisi data pada buku, brosur atau stiker garansi meliputi nama dan alamat pembeli serta tanggal pembelian. Isilah segera ketika anda membeli sebuah produk lalu ajukan ke toko tempat anda membeli sebuah produk.
Umumnya untuk mendapatkan garansi pada sebuah produk yang anda beli adalah mengisi data pada buku, brosur atau stiker garansi meliputi nama dan alamat pembeli serta tanggal pembelian. Isilah segera ketika anda membeli sebuah produk lalu ajukan ke toko tempat anda membeli sebuah produk.
"Untuk pembelian secara online tentu tidak berbeda jauh".
Pemberian Garansi kepada pelanggan
Jika anda sebagai penyedia produk yang ingin memberikan garansi sebagai jaminan atas sebuah produk yang anda jual maka jelaskan kepada konsumen atau pelanggan tentang tata cara dan syarat garansi agar calon pembeli memahami dan mengingat syarat garansi yang anda berikan.
Baiklah, semoga artikel ini dapat membantu dan tentunya bermanfaat.
Kunjungi On fashion untuk mendapatkan produk bermerek yang memberikan garansi kepada anda dan baca juga syarat garansi yang diberikan oleh On fashion.
No comments:
Post a Comment
Bagaimana menurut pemikiran anda?...